Night Mode

Friday, November 1, 2019

Google Pixel 4 HP dengan Fitur Soli Radar
Google Pixel 4
Perkembangan teknologi berkembang pesat melebihi apa yang diperkirakan sebelumnya, Manusia mampu menciptakan bermacam - macam teknologi dengan tujuan untuk mempermudah aktifitas nya dan satu di antaranya adalah teknologi sensor atau radar.

Berbicara mengenai radar mungkin kita akan berpikir bahwa teknologi itu masih mengenai dengan Pesawat atau Kapal yang selalu dilengkapi radar sebagai pendeteksi bahaya atau ancaman dalam dunia penerbangan ataupun dalam dunia militer, namun kali ini kita bukan untuk membahas itu,tapi disini kita akan membahas tentang produk komunikasi atau smartphone terbaru yang dikeluarkan oleh Google.

Yah google kembali merilis salah satu smartphone andala nya yaitu Pixel 4 dimana smartphone ini dilengkapi dengan Soli Chip atau sebuah radar pendeteksi gestur tubuh, yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses itu hanya dengan menggerakan tangan tanpa harus menyentuh smartphone tersebut.

Soli chip sendiri merupakan sebuah project yang dipimpin oleh oleh Dr. Ivan Poupyrev untuk menciptakan beragam jenis sensor yang memiliki fungsi yang berbeda-beda,tentunya melalui penelitian dan pengembangan laboratorium Google, ATAP (Advanced Technology and Projects) dan Google sendiri memakan waktu satu tahun lebih untuk menyelesaikan chip ini.

Mungkin ada yang masih tidak mengerti apa dan bagaimana Soli atau chip itu bekerja??

Soli merupakan teknologi pendeteksi baru yang membuat gerakan atau mendeteksi gerakan tanpa sentuhan dengan bantuan radar.Mungkin jika berbicara mengenai 5G,anda pernah mendengar istilah gelombang milimeter, nah disini gelombang milimeter hanyalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sinyal yang lebih panjang dari gelombang inframerah tetapi lebih pendek dari gelombang radio atau gelombang mikro.

Soli menggunakan sensor yang dapat melacak gerakan sederhana jari tangan atau gerakan yang memiliki kecepatan milimeter dengan akurasi yang tinggi.Soli juga memiliki pemancar dan penerima pada chipnya. Pemancar mengirimkan gelombang radio yang termodulasi. Itu berarti sinyal kedua digabungkan dengan gelombang radio "normal" yang berisi data tambahan.Ketika gelombang ini mengenai suatu objek, ia berpencar ke berbagai arah dan menangkap data itu kembali ke penerima chip Soli.

Karena gelombang radio asli dimodulasi dengan data tambahan,pergeseran frekuensi (juga dikenal sebagai pergeseran Doppler) dan amplitude attenuation (pengurangan jumlah maksimum energi yang dikirim) antara sinyal asli dan sinyal yang dipantulkan kembali itu dapat diukur untuk memberikan data tentang apa yang "dilihatnya".


Contoh penggunaannya, misalkan pada perangkat ponsel Anda dipasang sensor tersebut, Anda dapat mengontrol volume pembicara hanya dengan menggosokan ibu jari dan jari telunjuk, seolah-olah pengatur volume suara berada di kedua jari Anda tersebut. Contoh lainnya, Anda dapat menekan tombol tanpa harus menyentuh pada layar perangkat. Hanya dengan menggerakan ibu jari dan jari telunjuk yang seolah-olah Anda sedang menekan tombol. Meskipun kontrol ini bersifat virtual, interaksi tersebut terasa fisik dan responsif.

Teknologi sensor Soli bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik dalam sinar yang luas. Benda-benda di dalam sinar menghamburkan energi ini, memantulkan sebagian kembali ke antena radar. Seluruh sensor dan antena array dimasukkan ke dalam chip ultra-compact wadah kecil berukuran 8mm x 10mm. Chip Soli dapat disematkan pada perangkat yang dapat dikenakan, telepon, komputer, mobil, dan perangkat IoT di lingkungan kita. Chip ini tidak terganggu oleh kondisi cahaya.

Radar yang dipancarkan oleh chip, menyimpan jejak gerakan dengan akurasi sub-milimeter. Project Soli ini memungkinkan untuk menangkap gerakan hingga 10.000 frame per detik sangat akurat sehingga tidak hanya mendeteksi bagian luar objek, tetapi juga struktur internal dan permukaan belakangnya.

Properti dari sinyal yang dipantulkan, seperti energi, waktu, dan pergeseran frekuensi menangkap semua informasi tentang karakteristik dan dinamika objek, termasuk ukuran, bentuk, orientasi, material, jarak, dan kecepatan.

Soli melacak dan mengenali gerakan-gerakan dinamis yang diekspresikan dengan gerakan halus jari-jari dan tangan. Untuk mencapai hal ini dengan sensor chip tunggal, mereka mengembangkan paradigma penginderaan radar baru dengan perangkat keras (Hardware), perangkat lunak(Software), dan algoritma yang disesuaikan. Tidak seperti sensor radar tradisional, Soli tidak memerlukan bandwidth besar dan resolusi spasial tinggi. Sebenarnya, resolusi spasial Soli lebih kasar daripada skala gerakan jari yang paling bagus. Sebaliknya, prinsip-prinsip penginderaan mendasar kita bergantung pada resolusi gerak dengan mengekstraksi perubahan halus dalam sinyal yang diterima dari waktu ke waktu. Dengan memproses variasi sinyal sementara ini, Soli dapat membedakan gerakan jari kompleks dan bentuk tangan deformasi di dalam bidangnya.

Manfaat fitur pengenalan gerakan di atas input multi-sentuh saat ini adalah kita tidak lagi membutuhkan layar. Masukan pengenalan gerakan akan menjadi fitur revolusioner dan inovatif di bidang perangkat VR dan play station. Ukuran soli yang kecil ini cocok dipasang pada perangkat elektronik Anda. Sehingga lebih mudah dibawa bersama perangkat Anda. Proyek ini juga dapat lebih membantu dalam meningkatkan keselamatan operator di tempat kerja. Jika tangan operator atau pekerja tidak mendekati bagian yang berbahaya dari mesin, maka ada peluang mengurangi kecelakaan di tempat kerja akan cukup siginifikan.

Harga dan Negara tersedia Google Pixel 4/xl

Google Pixel 4 / XL sendiri tidak di jual di semua negara,Google hanya menjual produk tersebut di negara tertentu, bahkan dalam situs resmi google store menyebutkan:

"Untuk membeli perangkat dari Google Store, alamat pengiriman Anda harus berada di wilayah yang sama dengan Google Store tempat Anda membelinya. Lihat daftar wilayah tempat Google Store beroperasi ."

Note : Jika suatu item kehabisan stok, gabung daftar tunggu untuk diberitahu segera setelah tersedia untuk pembelian. Untuk informasi terbaru, kami sarankan untuk bergabung dengan daftar tunggu alih-alih menghubungi dukungan Google Store.

Google Pixel hanya tersedia pada negara-negara di bawah ini:

Pixel 4
Australia, Canada, France, Germany, Ireland, Italy, Japan, Singapore, Spain, Taiwan, United Kingdom, United States.

Pixel 4 XL
Australia, Canada, France, Germany, Ireland, Italy, Japan, Singapore, Spain, Taiwan, United Kingdom, United States.

Google Pixel 4
Google Pixel 4

Harga Google Pixel 4 ini sendiri jika dilihat di situs Amazon, di bandrol $799.00 atau sekitar Rp.11.000.000,00 sedangkan jika pada marketplace seperti lazada atau lainya masih di kisaran Rp.15.000.000,00

Comments 0