Night Mode

Sunday, September 8, 2019

Jurustupai.com - Belakangan ini netizen indonesia di hebohkan dengan salah satu kisah misteri yang di publishkan oleh akun @simplem81378523 dimana kisah yang menceritakan sekelompok anak muda yang sedang melakukan kegiatan KKN  harus menghadapi situasi yang menyeramkan disebuah desa yang mereka kunjungi,hingga 2 diantara mereka harus menjadi tumbal atas kejadian tersebut.

Kisah yang awalnya di anggap biasa-biasa saja ini akhirnya benar2 meledak dan viral setelah seorang komedian dan juga penulis Raditya Dika mengangkat kisah ini dalam channel Youtube nya dengan tema Paranormal Experience dimana content tersebut mampu trending hingga beberapa  hari di Youtube, bahkan beberapa channel lain yang ikut mengangkat tema tersebut juga menjadi trending. selama beberapa minggu.

Rasa penasaran dari para netizen akan lokasi yang menurut sumbernya adalah sebuah kisah nyata, menjadikan kisah ini mendapatkan tanggapan dari beberapa tokoh public figur dan netizen akan lokasi sebenarnya, karena selama ini oleh penulisnya lokasi dan tokoh dalam kisah itu di kaburkan demi menjaga privacy orang yang terlibat dalam kegiatan KKN tersebut, mengingat cerita ini membawa nama sebuah kampus yang cukup terkenal di indonesia.

Dari kisah KKN Di Desa Penari ini membuktikan bahwa antusias masyarakat indonesia terhadap cerita-cerita horror masih cukup tinggi, tidak heran jika kebanyakan netizen indonesia ingin cerita dari @simplem81378523 tersebut di angkat ke layar lebar.

Bagi kalian yang belum tau atau belum membaca thread tersebut silahkan anda bisa membacanya thread tersebut dibawah ini:

* Versi Widya
1. https://threadreaderapp.com/thread/1143116541480726531.html
* Versi Nur
2. https://threadreaderapp.com/thread/1152570021282844673.html
Jika anda menelusuri semua cerita-cerita yang pernah di tulis oleh @simplem81378523 anda akan mengira bahwa cerita KKN Di Desa Penari adalah cerita yang paling seram di antara yang lain, namun kenyataanya ada satu cerita lagi yang mungkin bisa di katakan lebih seram dari kisah KKN Di Desa Penari tersebut, yaitu "Sewu Dino" atau yang bermaksud "Seribu Hari".

Jika kisah KKN Di Desa Penari para tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut memiliki latar belakang para mahasiswa yang notabene nya adalah para pelajar yang di anggap lebih berfikir realistik,berbeda dengan Sewu Dino dimana tokoh di dalam cerita tersebut melupakan para remaja desa yang hidup dalam kesulitan dan memilih bekerja demi membantu perekonomian keluarga, dan naas nya mereka harus terjerumus dalam keluarga pengamal ilmu santet.
Anda penasaran ceritanya ?? Oke , disini saya akan mnuliskan sedikit kisah tentang "Sewu Dino".

Cerita ini dimulai dari seorang remaja wanita yang bernama Sri ingin membantu perekonomian keluarga dia, dan tak jauh dari desa dia tinggal terdapat satu agent penyalur tenaga kerja sebagai pembantu rumah tangga, dan sesampai disana dia melihat beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama dengan sri telah berkumpul dirumah itu,setelah di tanya-tanya layaknya orang yang sedang interview akhirnya sri pun di suruh hadir keesokan harinya.

Hari cepat berlalu Sri pun kembali ketempat agent tersebut, lalu agent tersebut membawanya ke kota untuk bertemu dengan calon majikanya.Sesampai disana akhirnya sri di bawa masuk keruangan untuk menunggu jemputan dari calon majikanya tersebut. Dan disana terlihat 2 orang yang telah duduk diruangan tersebut, untuk mencairkan suasana akhirnya si sripun menyapa mereka berdua, setelah Sri berbincang2 dengan kedua teman barunya itu yang bernama Dini dan Erna, dari isi berbincangan mereka Sri merasa aneh ketika mengetahui bahwa mereka bertiga adalah orang-orang yang memiliki hari lahir yang sama, yaitu Jum'at Kliwon, Sri ingat betul dimana pada waktu interview sebelum ini agent tersebut juga menanyakan tentang hari lahir Sri menurut perhitungan Jawa.

Tak lama setelah itu seseorang memanggil Dini dan di susul Erna,tinggalah Sri sendirian di dalam ruangan tersebut, tak lama berselang datang seorang wanita paruh baya dengan sanggul di kepalanya menghampiri Sri, wanita itu bernama Krasa, setelah berbincang-bincang soal gaji dan lain-lain Sripun akhirnya menerima tawaran kerja tersebut dengan gaji lebih besar dari jangkauanya.

Di balik gaji besar tersebut ada syarat yang tidak boleh di langgar, ketika Sri sudah sepakat maka sri harus menyelesaikan pekerjaan itu dan tidak boleh berhenti di tengah jalan,atau dia akan mendapat resikonya jika sampai melanggar syarat tersebut.

Akhirnya Sri pergi kerumah Ny.Krasa  tersebut , ternyata wanita tersebut adalah pemilik restoran tersohor di jawa timur, Sri pun di persilahkan masuk dirumah tersebut, sri memandangi setiap sudut rumah yang masih bernuansa Jawa dengan ukiran-ukiran kayu yang ada didamnya.

Tak lama berselang Sri mendapati bahwa Dini dan Erna  sampai kerumah itu juga, dan ia berkesimpulan bahwa mereka akan bekerja bersama dalam satu rumah atau satu majikan.

Mereka mengobrol dengan anggota keluarga dirumah itu alangkah kagetnya mereka bertiga ketika mengetahui bahwa mereka tidak di pekerjakan dirumah tersebut,melainkan di suatu rumah yang lain,entah itu dimana.

Setelah mereka berkumpul akhirnya mereka di berangkat menuju rumah yang di maksud dengan menaiki mobil yang di kendarai oleh seorang lelaki, suasana menjadi sangat tegang ketika mereka tau bahwa mobil yang mereka tuju menuju ketengah-tengah hutan.


Gimana seru gak rangkuman dan cuplikan ceritanya?
Akan lebih menarik jika anda membanca isi cerita aslinya secara penuh dari sumber aslinya di bawah ini.

* Sewu Dino
1. https://threadreaderapp.com/thread/1158380946728427520.html
Ketika anda sudah selesai membaca anda akan bertanya kenapa KKN di desa penari lebih viral dibandingkan cerita di Sewu Dino? Toh sebenarnya isi ceritanya bisa dikatakan lebih seran dari KKN di desa penari?

Menurut hemat saya, sebenarnya melihat dari mana asal cerita itu tulis kita sudah mendapati jawaban itu , iya tulisan itu pertama di tulis di twitter , dan kebanyakan netizen twitter adalah anak generasi milineal yang dimana isi cerita KKN di desa penari lebih di dominisasi oleh remaja dengan cerita percintaan dan tentunya ada adegan wik wik nya.

sehingga cerita ini membuat orang yang membancanya seperti berada pada sesuana tersebut, di tambah lagi dengan dengan clue tentang inisal2 daerah dimana kisah (Nyata) itu terjadi, menjadikan netizen makin penasaran dan ingin menguak kisah tersebut, sehingga efek dari semua itu adalah kisah ini menjadi booming.

Sedangkan untuk Sewu Dino sendiri walau secara alur ceritanya lebih Horror dari KKN di desa penari, namun dalam cerita tersebut lebih menceritakan tentang sisi perjuangan hidup seseorang, dan tentunya tidak lari dari dunia bisnis dan perdukunan, sehingga kurang menarik bagi generasi milineal untuk memblow cerita ini kepermukaan.

Namun kita tidak tau , bisa jadi cerita ini akan lebih viral dari KKN di desa penari jika seandainya Sri atau sebagian tokoh didalamnya membuka identitasnya ke publik.

Dan sampai sini saja pembahasan kita dan saya sangat mengapresiasi sosok di balik Simpleman, karena tulisanya tersebut secara tidak langsung membuat masyarakat indonesia tertarik untuk membaca dan mengenal adat istiadat dan kearifan lokal yang kadang tersaji dalam cerita-cerita yang dia tulis.

Comments 0