Night Mode

Wednesday, June 19, 2019

vpn-jurustupai.com
VPN/jurustupai.com

Jurus Tupai - Beberapa waktu lalu beberapa situs media sosial indonesia di batasi penggunaanya oleh pemerintah indonesia dengan alasan untuk melindungi masyarakat dari penyebaran konten Hoax pasca hasil pemilu 2019 yang berujung rusuh di jakarta dan mengakibatkan 8 orang terbunuh dalam kerusuhan tersebut.

Seperti yang dikutip dari cnnindonesia Kominfo mengatakan bahwa salah satu media soisal yang di batasi adalah whatsaap dan facebook.

"Medsos itu FB (Facebook), IG (Instagram), Twitter, Line, WA (WhatsApp). Kalau videonya aja Youtube," jelasnya saat ditemui di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (23/5).
Dan efek dari pemblokiran tersebut banyak pengguna sosial yang mendownload aplikasi VPN sebagai solusi untuk menghindari pembatasan tersebut mengingat banyak online shop dari indonesia yang mengunakan media sosial untuk menjalankan bisnis mereka,bahkan tak banyak dari mereka yang mengeluhkan kerugian karena pembatasan ini.

"Potensi kehilangan pendapatan sampailah angka Rp 2 juta selama dua hari dari 23-24 Mei 2019 kemarin," kata salah satu pedagang online, Zakiyah kepada Tempo, di Jakarta, Sabtu(25/5)

Setelah kerusuhan di jakarta mereda akhirnya pemerintahpun membuka lagi akses beberapa fitur media sosial yang sebelumnya terkena pembatasan,namun menjelang putusan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi banyak pihak yang menyakini bahwa media sosial akan kembali di blokir jika keadaan politik tidak kondusif.

Dan demi menghindari pembatasan yang akan datang ternyata banyak masyarakat indonesia yang sudah menyiapkan langkah dengan mendownload VPN, langkah tersebut bisa dilihat bagaimana dalam beberapa waktu terakhir ini salah satu aplikasi VPN menjadi trending app di Google play seperti yang di pantau oleh jurustupai.com di situs similarweb.com
Usage rank Google indonesia/similarweb.com

Data terakhir dalam tersebut adalah 17 juni 2019.
Bagi masyarakat yang belum mengerti apa itu Virtual Private Network ( VPN) dan kegunaanya maka penjelasanya seperti yang dikutip dari situs https://blog.dnetprovider.id adalah sebagai berikut.

Virtual Private Network ( VPN) suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). VPN memungkinkan Anda untuk melakukan akses informasi di dalam internet secara lebih aman seperti pada saat melakukan browsing, surfing, serta kegiatan lainnya. Dikatakan lebih aman karena data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia walaupun melalui jaringan publik.

VPN berkerja dengan cara seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling ini digunakan untuk membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP, dan Internet Protocol Security (IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi sehingga lebih aman daripada koneksi internet biasa.
Dan fungsi dari VPN itu sendiri memiliki beberapa hal diantaranya adalah:


  • Transaksi dalam jaringan internet menjadi lebih aman

Apabila Anda sering melakukan transaksi berjumlah besar seperti misalnya melalui e-banking, situs saham atau forex, maka dengan menggunakan VPN, transaksi dan data Anda akan jauh lebih privat dan lebih tidak rentan dari serangan hacker.


  • Menutupi jejak histori aktivitas internet

Selain data Anda lebih terlindungi, VPN juga berguna apabila Anda mengakses konten yang bersifat privat atau rahasia di internet. Dengan VPN, histori penelusuran Anda tidak akan terdeteksi oleh orang lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini sangat berguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.


  • Mempercepat Proses Download

VPN ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan download dari internet. Ketika menggunakan VPN, kita seolah-olah sedang menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain dan juga bisa terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di internet, yang dapat meningkatkan kecepatan download.
Remote Access dari jarak jauh
Dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet seperti misalnya untuk mengambil data, membuka e-mail atau database dan lain sebagainya.


  • Membuka akses pada situs yang diblokir / disensor

VPN dapat digunakan juga untuk mengakses situs yang di blokir atau konten yang di sensor oleh host ataupun ISP yang biasanya terkait dengan regulasi negara atau kantor seperti misalnya pemblokiran situs sosial media pada jam kerja, pemblokiran situs FB pada beberapa negara dan sebagainya.

Comments 0