Night Mode

Saturday, June 16, 2018

traveloka.jurus tupai
Img.source:blog.traveloka
Bagi anda yang sering berpergian luar kota dengan pesawat terbang atau juga anda yang sering memesan hotel untuk cuti ataupun tugas dinas pasti tidak asing lagi dengan situs atau perusahan yang bernama traveloka.
Yah traveloka adalah salah satu perusahan online yang menyediakan jasa pemesanan tiket dan hotel secara online,namun siapa sangka perusahan yang sekarang sedang melebarkan sayapnya di kawasan asean dan asia ini adalah perusahan yang berasal dari indonesia, dan memiliki basis operation di jakarta.

Traveloka sendiri didirikan oleh Ferry Unardi seorang yang berwarganegara indonesia lulusan bisnes management di universitas harvard,amerika serikat, yang mana pada saat itu ferry juga bekerja di salah satu perusahan raksasa Microsoft.

Untuk mendirikan perusahan traveloka Ferry sendiri di bantu oleh dua kawanya yang bernama Derianto Kusama dan Albert Zhang,yang mana Derianto juga merupakan warga indonesia yang merupakan lulusan universitas Stanford yang sebelumnya juga pernah bekerja sebagai senior software engenering linkedin di silicon valley,sedangkan Albert zhang adalah seorang yang berwarganegara singapura.

Sejarah atau ide mendirikan perusahan traveloka bermula pada tahun 2012 dimana Ferry Unardi yang pada saat itu masih berumur 23 tahun ingin pulang  dari amerika  ke indonesia,tepatnya di padang kesulitan untuk memesan tiket pesawat,dan pada awal konsepnya traveloka hanya sebagai situs pencari untuk membandingkan harga tiket antara satu situs satu dengan situs lainya, dan pada pertengahan 2013 traveloka bertransformasi menjadi sebuah perusahan yang menyediakan reservase atau jasa pemesanan pesawat.Dan pada maret 2014 pendiri traveloka yaitu Ferry Unardi menyatakan bahwa traveloka akan segera masuk dalam bisnis pemesanan kamar hotel,dan tepat pada bulan July 2014,jasa pemesanan hotel sudah tersedia dalam situs traveloka.

Banyak hal yang harus dipelajari oleh Ferry saat mengawali Traveloka. Tantangan terberat adalah bagaimana cara mengelola tim yang awalnya berjumlah 8 orang menjadi belasan, puluhan bahkan ratusan orang. Banyak hal yang harus dilakukan sebagai perusahaan baru, termasuk membentuk budaya perusahaan dan membangun manajemen yang solid.

Dan pada tahun 2018 tepat 15  mei 2018 traveloka di dapuk sebagai perusahan teknologi digital pengkajian perjalanan dinas oleh menteri keuangan Sri Mulyani,bahkan di laman facebooknya sri mulyani memuji dan mendukung industri kreatif berbasis teknologi  informasi sebagai penggerak ekonomi bangsa.

Yah semua orang berharap kelak indonesia akan melahirkan lebih banyak anak-anak muda kreatif yang mampu memacu ekonomi indonseia dengan ide-ide baru dan kreatifitas baru yang mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Comments 0